Alasan Terbesar Mengapa Perusahaan Startup Suksess~ Simple!! (Bill Gross)

Assalamualaikum Wr..Wb..


Berbicara mengenai perusahaan Startups Business tidak jarang diantaranya sering sekali terjadi berbagai macam masalah sehingga menyebabkan kegagalan dalam suatu Bisnis. Dan sebuah perushaan startup tentu akan merasakan jatuh dan kemudian bangun dalam mempertahankan bisnisnya. Tahu tidak? Bahwa dalam setiap proses membangunnya bisnis, sebuah kesalahan merupakan bagian yang paling penting, karena ini akan membuka jalan dan kesempatan bagi anda untuk mencapai kesuksesan itu sendiri.


Okey guys, Ditulisan kali ini saya telah menuliskan Alasan terbesar mengapa startup sukses dari Bill Gross dalam sebuah acara TEDx Maret 2015 . Mari kita simak ulasan berikut ini !!
Dalam acara tersebut , beliau berbagi ilmu mengenai penemuan yang sangat mengejutkan tentang hal utama yang mendorong suksesnya suatu perusahaan dan bagaimana faktor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan startup.
Dia percaya bahwa organisasi startup adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Bila kita memberi insentif ekuitas yang tepat pada sekelompok orang dan mengatur mereka dalam startup, berarti kita dapat membuka potensi manusia yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Dan kita mendorong mereka untuk meraih hal-hal yang tidak mungkin. However, bila organisasi startup demikian hebatnya, mengapa banyak yang gagal? Nah, dan inilah yang paling berperan dalam kesuksesan suatu startup.

Yang pertama, Bill Gross mencoba mengamati faktor apa yang paling berpengaruh pada kegagalan dan kesuksesan perusahaan. Dia melihat kelima hal ini. Pertama, ide. Dulu dia berpikir bahwa segalanya tergantung pada ide. Nama perusahaannya adalah "Idealab" karena dia amat memuja momen "aha!" saat kita pertama kali mendapatkan ide. Tapi kemudian dia berpikir bahwa mungkin tim, eksekusi, kemampuan adaptasi,lebih penting daripada ide.

Dia tak pernah terpikir akan melihat petinju Mike Tyson di panggung TED, tapi Mike Tyson pernah berkata, "Semua orang punya rencana, sampai mereka ditinju di mukanya." Dan dia pikir, itu benar sekali, termasuk dalam bisnis. Keberhasilan tim sangat bergantung pada kemampuan beradaptasi terhadap pukulan ke muka yang dilayangkan klien. Klien adalah realitas sebenarnya. Dan karena itulah saya berpikir bahwa mungkin yang paling penting adalah tim.

Lalu dia melihat model bisnis. Apakah perusahaan punya strategi yang jelas untuk menarik klien? Dia mulai berpikir apakah model bisnis yang paling berperan dalam kesuksesan. Lalu Dia melihat pendanaan.Terkadang perusahaan mendapat banyak dana. Mungkinkah itu yang terpenting? Dan tentu saja, waktu. Apa idenya muncul terlalu cepat dan dunia belum siap menerima? Apa terlalu cepat, Anda terlalu maju dan perlu mengedukasi dunia? Apa waktunya tepat? Atau terlambat, dan sudah terlalu banyak kompetitor? Jadi dia memperhatikan kelima faktor ini dengan seksama di berbagai perusahaan. Dan dia melihat seratus perusahaan Idealab, dan seratus perusahaan non-Idealab dan berupaya mendapat kesimpulan yang ilmiah tentangnya.

Jadi dia memberi urutan masing-masing perusahaan berdasarkan faktor-faktor tadi.Lalu, bagi perusahaan non-Idealab, dia mencari perusahaan yang sukses besar, seperti Airbnb dan Instagram dan Uber dan Youtube dan LinkedIn. Dan beberapa yang gagal:Webvan, Kozmo, Pets.com Flooz and Friendster. Perusahaan terbawah punya banyak dana,beberapa bahkan punya bisnis model, tapi tidak berhasil.

Dia coba melihat faktor apa yang paling berpengaruh bagi kesuksesan dan kegagalan mereka, dan hasilnya sangatlah mengejutkan. Yang paling berpengaruh adalah waktu. Waktu berperan sebesar 42 persen dalam menentukan sukses dan kegagalan. Tim dan eksekusi adalah yang kedua, dan ide, ide yang lain dari yang lain, keunikan sebuah ide, berada di urutan ketiga. Nah, bukan berarti ide tidaklah penting, tapi yang paling mengejutkan ialah bahwa ide bukanlah yang paling penting. Terkadang yang lebih penting adalah ketepatan waktu.

Dua yang terakhir, model bisnis dan dana, masuk akal . Model bisnis mungkin peringkatnya lebih rendah karena kita bisa mulai tanpa model bisnis dan menambahkannya ketika kebutuhannya muncul. Dan pendanaan juga sama, kalau di awal dana kita kurang, namun kita  berkembang baik, terutama di masa kini, menggalang dana tidak begitu sulit. Dia memberikan beberapa contoh spesifik untuk kita.

Mari lihat keberhasilan Airbnb yang semua orang tahu. Perusahaan itu dulu terkenal tidak ditengok banyak investor handal karena orang berpikir, "Takkan ada yang mau menyewakan rumahnya pada orang tak dikenal."
Tentu saja, mereka terbukti salah. Tapi, salah satu hal yang mendukung kesuksesannya, disamping model bisnis yang baik, ide dan eksekusi yang baik, adalah waktu. Perusahaan ini muncul di puncak resesi saat orang memerlukan uang tambahan yang mungkin membantu mengatasi keberatan mereka menyewakan rumahnya pada orang asing. Sama seperti Uber. Ketika Uber keluar, perusahaannya hebat, model bisnisnya hebat,eksekusinya juga.
Tapi waktunya sangat sempurna untuk menarik pengemudi bergabung. Pengemudi yang butuh uang tambahan, amat, sangat penting.

Jadi, dapat saya simpulkan, eksekusi sangat penting. Ide juga sangat berpengaruh. Tapi, mungkin waktu bahkan lebih penting lagi. Dan cara terbaik untuk memilih waktu yang tepat adalah dengan melihat apakah konsumen benar-benar siap untuk produk Anda. Dan Anda harus benar-benar jujur dan tidak menyangkal hasil analisa Anda karena bila kita menyukai sesuatu, kita ingin ia berhasil Tapi Anda harus benar-benar jujur tentang ketepatan waktunya. Seperti yang ia sampaikan, Menurutnya startup bisa mengubah dunia dan membuatnya jadi lebih baik.
Saya harap informasi ini dapat membantu Teman-teman meraih rasio kesuksesan yang lebih tinggi, dan karenanya, membuat sesuatu yang hebat hadir di dunia.
Terima kasih sudah membaca, Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menjagi Enterpreneur  Muda :)

Wasslamualaikum Wr..wb..

Keep spirit , keep loving and keep sharing 💕



 


Komentar

Postingan Populer