Pentingnya Study Kelayakan Bisnis ~

Assalamualaikum wr.wb..

Hallooo guys , Selamat membaca tulisan saya kembali yaaks :)

Intro : Wkwkwk (kayak mau nyayi aja) !

Semua orang tentu ingin sukses , Sehingga tidak jarang dalam pikiran Setiap orang bahwa mereka ingin melakukan kegiatan bisnis , misalnya . Singkatnya ketika seseorang telah mampu menciptakan suatu bisnis, maka agar bisnis nya dinyatakan layak atau tidak  maka seorang wirausaha harus bisa melakukan Study Kelayakan Bisnis.
Naaahh.. Guys kali ini saya akan membahas tentang Materi Study Kelayakan Bisnis , Pasti kalian semua udah pada dengar kan istilah tersebut , tapi pasti masih ada yang gak tau apa sih sebenarnya Study Kelayakan Bisnis itu ?

Okeey , Study Kelayakan Bisnis itu adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kegiatan bisnis yang akan dijalankan ,yang pada akhirnya akan mengetahui layak atau tidaknya bisnis yang akan dijalakan.
You know guys? Study Kelayakan Bisnis atau yang sering disingkat dengan SKB ini sangat penting untuk dilakukan, why? Because , melakuakan hal ini tentunya untuk kebaikan kelangsungan suatu bisnis yang akan dijalankan , tidak ada pihak yang dirugikan dari berlangsungnya suatu bisnis , dan supaya memperhitung kan resiko, keuntungan , kendala , supaya bisa ditentukan layak atau tidaknya suatu bisnins dijalankan. Mmmmm jadi SKB ini sangat penting dilakukan yaaaks , bagi kamu yang akan memulai suatu bisnis .
Yang membuat suatu perusahaan gagal adalah
Data atau informasi , yakni jika menentukan berbagai kriteria dari seluruh data atau informasi dan berbagai salah , maka dampaknya pun akan sangat mempengaruhi suatu bisnis yang dijalankan.
Kendala yang mencakup PESTEL (Politik, Economi , Social , Technology , Environtment , Legal) , Tentunya kita harus memperhatikan , jika tidak maka akan banyak resiko yang akan terjadi
Kemudian yang ketiga adalah Kita harus memperhatikan kebutuhan atau pelanggan , jika ingin memulai suatu bisnis , tentu kita harus melihat berbagai peluang dan menentukan jenis barang apa saja yang saat ini yang sangat diperlukan oleh masyarakat bahkan sampai seterusnya  , dan kita harus pandai-pandai menganalisis kebutuhan apa yang dibutuhkan masyarakat , jika tidak maka suatu perusahaan mungkin akan gagal, dampaknya masyarakat enggan untuk membeli suatu barang atau jasa pada perusahaannya, karena suatu perusahaan tsb tidak dapat mengetahui apa saja atau apa selera masyarakat.
.

And then guys ,,
Study kelayakan bisnis tidak hanya diperlukan oleh pelaku bisnis saja , melainkan juga diperlukan oleh beberapa pihak lain , seperti :
Investor : Tentunya para investor snagat membutuhkan Study kelayakan bisnis suatu perusahaan agar dapat mengambil kebutuhan dengan baik . Jika Study Kelaykan suatu bisnis dinyatakan layak maka tentunya investor akan menanamkan modalnya , tentunya dengan harapan Ia dapat memperoleh keuntungan dari Investasi atau penanaman modal yang dilakukan.
Kreditor : Kreditor juga sangat memperhatikan study kelayakan suatu bisnis , jika suatu bisnis yang akan ia berikan kredit layak dalam melakukan usaha bisnis , maka kreditur akan berani mengambil keputusan dalam memberikan modalnya , dengan harapan pengembalian modal bisa lancar dan baik.
Pemerintah : Pemerintah juga sangat memerlukan layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan , untuk mengambil keputusan dalam memberikanizin suatu bisnis  dengan bertujuan untuk memperluas lapangan pekerjaan dan agar dapat mengembangkan kesejahteraan masyarakatnya.
Yang terakhir adalah Masyarakat : Masyarakat harus memperhatikan dan memerlukan SKB suatu perusahaan karena jika tidak layak , maka tentu banyak dampak yang akan terjadi yang dirasakan oleh masyarakat . dari SKB tersebut masyarakat juga harus dapat menegetahui Impact Negatif maupun Positif dari usaha tsb , mislanya limbah dari suatu perusahaan.




And then guys , beriku adalah Business process cycle :






Selanjutnya adalah , Tahap-tahap dalam Study Kelayakan Bisnis :
 Yang pertama tentu kita harus menegumpulkan data , yang akurat tentunya.
Pengelolahan data , baik Kualitatif maupun Kuantitatif .
Menganalisis data .
Pengambilan dalam keputusan , yakni apakan Usaha tersebut Layak atau tidak .
Rekomendasikan .
Dan Laksanakan .



Aspek-aspek yang ditentukan dalam Study Kelayakan Bisnis :
Aspek Yudiris ( Aspek Hukum ) : Yakni untuk ketentuan hokum dan perizinan yang diperlukan suatu perusahaan untuk menjalankan suatu bisnis.
Aspek Lingkungan :  Analisis lingkungan sangat perlu di analisis, karena hal ini di sebabkan lingkungan di satu sisi dapat menjadi peluang dari bisnis yang dijalankan , disisi lain juga lingkungan dapat menjadi ancaman bagi pekembangan bisnis.
Aspek Pasar :Meneliti tentang permintaan suatu produk barang dan jasa, beberapa luas pasar dan pertumbuhan permintaan dan Market-share dari produk yang bersangkutan Aspek pasar sangat penting Karena untuk mnegetahui niliai profitabilitas bisnis melalui analisis pasar.
Aspek Sosial :  dalam menjalankan bisnisnya , hendaknya perusahaan memperhatikan keseimbangan social karena perusahaan hidup dalam komponen-komponen social.

Dalam analisis pasar , kita perlu melakukan/menganalisis 4P , yaitu :
Price (Harga) :  yaitu Sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan suatu produk atau jasa . Penentuan harga produk sangat menetukan dalam kesuksesan proses penjualan. Karena harga merupakan salah satu yang mempengaruhi pemasaran suatu produk. Tinggi rendahnya harga selalu dierhatikan oleh para konsumen saat mereka mencari produk.
Product ( Produk) : Setiap perusahaan harus bisa menentuka produk apa yang menjadi andalan para konsumen ,dan bagaimana cara mengembangkan produk tersebut . Misalnya dengan menambah Varian rasa dari suatu produk.
Place (tempat) : Dalam strategi pemasaran tentu tempat sangat diperhatikan , karena adanya pemilihan lokasi usaha yang letaknnya strtegis akan mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah bisnis.
Promotion (Promosi) : Melakukan kegiatan promosi snagatlah penting , yang dimaksud dengan strategi promosi adalah kegiatan mempromosikan suatu barang atau jasa untuk meningkatkan permintaan penjualan batang dan jasa yang ditawarkan , sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh.

Actually guys , Sebagai seorang pelaku bisnis yang kreatif , kita dituntut untuk bisa menentukan komoditas apa saja yang dapat memiliki nilai jual yang cukup tinggi dipasaran dan sebagai orang yang teliti anda harus memiliki aturan analisis dalam dunia pemasaran modern yang kedepannya bisa bermanfaat untuk mengukur seberapa besar potensi pasar yang anda rintis .
Kemudian yang terakhir , tujuan-tujuan dalam kita membuat suatu Study Kelayakan Bisnis ini guys, dan mari kita simak penjelasannya :
Memaksimumkan Kebutuhan konsumen .
Untuk mengetahui kepuasan pelanggan .
Untuk memaksimumkan pilihan konsumen .
Memaksimumkan Mutu Pruduk suatu Bisnis
Dan Meningkatkan penjualan barang dan jasa .
Okeyy guys , jadi Study kelayakan bisnis ini sangan penting yaa , bagi anda yang akan memulai suatu bisnis , agar perusahaan anda dapat menjalankan suatu usaha dengan baik , dan tentunya bisa mendapatkan profit yang diinginkan .

Terimakasih , Wassalammualaikum Wr..wb..

Keep Sharing , Keep loving and keep spirit .

Komentar

Postingan Populer