What is CREATIVE ECONOMY?
CREATIVE ECONOMI~
Assalammualikum wr.wb 😇😇
Hallooo bro and sis..
Saya akan membahas tentang ''Ekonomi kreatif''
Ini ada adalah rangkuman materi pada pertemuan ke-2 , yang sebelumnya pada pertemuan pertama kita membahas tentang 'ENTERPRENEURSHIP' 😊😊
Mmmmm.. Ekonomi kreatif itu apa sih? Mungkin kalian bertanya-tanya.. naaah saya akan mendefinisikan apa itu Ekonomi Kreatif~
Okeey..
Ekonomi Kreatif adalah Konsep era ekonomi baru, yang mengintensifkan informasi dan mengandalkan ide and stock of knowledge dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. (Kementrian Perdagangan 2009)
Jadi inti dari ekonomi kreatif itu, bukan modal, uang , bukan aset kepemilikan , tapi ide , knowledge dan SDM , dan dihasilkanlah produk kreatif :)
Okeeyy next..
Konsep ini biasanya akan didukung dengan Industri Kreatif! Apa itu Industri Kreatif?
Industri Kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi yang baru.
Pengelompokan Sektor Industri Kreatif :
1. Periklanan
Seperti : Riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dll.
2. Arsitektur
Seperiti arsitektur taman, desain interior dll.
3. Pasar barang seni
Misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan.
4. Kerajinan
Antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu dll.
5. Desain
Seperti : desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri dll.
6. Fashion
Terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya dll.
7. Video, Film dan Fotografi
Seperti produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film.
8. Permainan Interaktif
9. Musik
Misalnya kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
10. Seni Pertunjukan
Misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik)
11. Penerbitan dan Percetakan
Misal penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.
12. Layanan Komputer
Misalnya jasa layanan komputer, pengolahan data dll.
13. Televisi dan Radio
Seperti games, kuis dll.
14. Riset dan Pengembangan
Industri kreatif menimbang ekonomi mikro dan meningkatkan GDP .
Jika ekonomi kreatif indonesia bagus, maka GDP Indonesia juga bakal ikut naik.
Naah apa itu GDP?
GDP atau Gross Domestic Product adalah Nilai dan jasa akhir yang dihasilkan daro berbagai unit produksi diwilayah suatu negara dalam jangka waktu satu tahun.
Mana yang jadi trend antara jakarta dan bandung?
✔Bandung!
Why ? Karena ada Ruang Publik Kreatif , sehingga Industri Kreatif menjadi hidup.
Untuk apa Ruang Publik Kreatif tersebut?
Yaitu untuk tempat para komunitas, mengekspolarasi Ide-ide kreatif mereka, karena bisnis yang berhasil sekarang adalah bisnis yang menghasilkan trend, yang dibawa oleh komunitas.
Example : Perkumpulan komunitas Skethboard misalnya dibandung , dan mereka tentunya memakai sepatu baju atau topi-topi bahkan mereka mempunyai brand sendiri , tentunya merupakan sebuah trend yang akan diikuti oleh masyarakat lainnya .
Naaah .. hidupnya suatu wilayah karena ada Ruang Publik Kreatifnya hidup , maka tentunya komunitas wilayah tersebut juga hidup . 😊😊
➡ Jadi yang disebut Ruang Publik Kreatif itu adalah suatu zona yang mempunyai batas-batas geografis tertentu.
➡ Dan fungsinya adalah untuk berekspresi , berproduksi , dan melakukan kegiatan ekonomi serta mengapresiasi kreativitas .
Okeeyy guys!!
Sekian rangkuman materi yang saya buat pada The second meeting kali ini , semoga bermanfaat bagi saya dan anda yang membacanya 😊
See you in the next article ✋✋
Wassalmmualaikum wr.wb 😇
Assalammualikum wr.wb 😇😇
Hallooo bro and sis..
Saya akan membahas tentang ''Ekonomi kreatif''
Ini ada adalah rangkuman materi pada pertemuan ke-2 , yang sebelumnya pada pertemuan pertama kita membahas tentang 'ENTERPRENEURSHIP' 😊😊
Mmmmm.. Ekonomi kreatif itu apa sih? Mungkin kalian bertanya-tanya.. naaah saya akan mendefinisikan apa itu Ekonomi Kreatif~
Okeey..
Ekonomi Kreatif adalah Konsep era ekonomi baru, yang mengintensifkan informasi dan mengandalkan ide and stock of knowledge dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. (Kementrian Perdagangan 2009)
Jadi inti dari ekonomi kreatif itu, bukan modal, uang , bukan aset kepemilikan , tapi ide , knowledge dan SDM , dan dihasilkanlah produk kreatif :)
Okeeyy next..
Konsep ini biasanya akan didukung dengan Industri Kreatif! Apa itu Industri Kreatif?
Industri Kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi yang baru.
Pengelompokan Sektor Industri Kreatif :
1. Periklanan
Seperti : Riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dll.
2. Arsitektur
Seperiti arsitektur taman, desain interior dll.
3. Pasar barang seni
Misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan.
4. Kerajinan
Antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu dll.
5. Desain
Seperti : desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri dll.
6. Fashion
Terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya dll.
7. Video, Film dan Fotografi
Seperti produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film.
8. Permainan Interaktif
9. Musik
Misalnya kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
10. Seni Pertunjukan
Misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik)
11. Penerbitan dan Percetakan
Misal penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.
12. Layanan Komputer
Misalnya jasa layanan komputer, pengolahan data dll.
13. Televisi dan Radio
Seperti games, kuis dll.
14. Riset dan Pengembangan
Industri kreatif menimbang ekonomi mikro dan meningkatkan GDP .
Jika ekonomi kreatif indonesia bagus, maka GDP Indonesia juga bakal ikut naik.
Naah apa itu GDP?
GDP atau Gross Domestic Product adalah Nilai dan jasa akhir yang dihasilkan daro berbagai unit produksi diwilayah suatu negara dalam jangka waktu satu tahun.
Mana yang jadi trend antara jakarta dan bandung?
✔Bandung!
Why ? Karena ada Ruang Publik Kreatif , sehingga Industri Kreatif menjadi hidup.
Untuk apa Ruang Publik Kreatif tersebut?
Yaitu untuk tempat para komunitas, mengekspolarasi Ide-ide kreatif mereka, karena bisnis yang berhasil sekarang adalah bisnis yang menghasilkan trend, yang dibawa oleh komunitas.
Example : Perkumpulan komunitas Skethboard misalnya dibandung , dan mereka tentunya memakai sepatu baju atau topi-topi bahkan mereka mempunyai brand sendiri , tentunya merupakan sebuah trend yang akan diikuti oleh masyarakat lainnya .
Naaah .. hidupnya suatu wilayah karena ada Ruang Publik Kreatifnya hidup , maka tentunya komunitas wilayah tersebut juga hidup . 😊😊
➡ Jadi yang disebut Ruang Publik Kreatif itu adalah suatu zona yang mempunyai batas-batas geografis tertentu.
➡ Dan fungsinya adalah untuk berekspresi , berproduksi , dan melakukan kegiatan ekonomi serta mengapresiasi kreativitas .
Okeeyy guys!!
Sekian rangkuman materi yang saya buat pada The second meeting kali ini , semoga bermanfaat bagi saya dan anda yang membacanya 😊
See you in the next article ✋✋
Wassalmmualaikum wr.wb 😇
Komentar
Posting Komentar